Upacara HUT Republik Indonesia Ke 74 ,Jokowi dan Pejabat Negara Kenakan Baju Adat

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (jikowi) dan sejumlah tokoh mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah saat menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/8). Sama seperti tahun lalu, ketika para pejabat dan tamu undangan diminta memakai pakaian adat atau daerah.

Jokowi dan para pimpinan lembaga pemerintah nampak memakai baju adat yang berbeda-beda.

Dilansir dari  CNNIndonesia.com di lokasi, tamu undangan sudah berdatangan sejak pukul 07.00 WIB. Mereka masuk melalui pintu yang telah ditentukan oleh pihak Istana, salah satunya melalui pintu di Jalan Majapahit, Jakarta.

Para tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adat khas dari sejumlah daerah di Indonesia. Pejabat yang hadir juga tampak memakai pakaian adat, seperti Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Sompie, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy serta beberapa tokoh lain.

Pejabat negara yang telah hadir antara lain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Prakasa, Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Kemudian Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hingga mantan Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga nampak hadir.

Sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat pula memakai pakaian adat, termasuk Komandan Paspampres Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak yang memakai baju adat Aceh.

Pihak panitia mempersiapkan 11.000 kursi bagi tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan HUT ke-74 RI di Istana.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 persen dialokasikan bagi unsur pemerintah dan 70 persen dialokasikan untuk masyarakat.

Sementara dalam upacara penurunan bendera yang dilaksanakan sore harinya, 13.000 kursi untuk para tamu undangan disiapkan.

Menjelang upacara, sejumlah hiburan disajikan ke tamu undangan mulai dari tarian tradisional sampai musik tradisional.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini akan dimulai dengan kirab bendera pusaka dan teks asli naskah proklamasi dari Monumen Nasional sampai Istana Merdeka.

Upacara pengibaran bendera sang saka merah putih akan dimulau sekitar pukul 10.00 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Penggunaan pakaian adat juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian Pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi.(cnnindonesia)

Artikel Terkait