Sri Wanah Anggota DPRD Kota Dumai Awali Reses Perdana di Perepat Jaya Medang Kampai

GoodNEWS82.com || DUMAI – Anggota DPRD Dari Fraksi Nasdem Sri Wanah, awali reses perdana anggota DPRD Kota Dumai periode 2019-2024.bergerak menelusuri pemukiman masyrakat di beberapa wilayah pesisir daerah pemilihan (Dapil II).Reses perorangan yang laksanakan di jalan perepat jaya Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai,Kamis (12/12/19)

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Medang Kampai,Lurah Pelintung Ketua LPMK,para RT dan ratusan masyarakat di daerah pemilihannya.

Sri Wanah menyampaikan, reses yang dilaksanakan menjadi suatu kewajiban bagi setiap anggota DPRD.Kegiatan reses ada yang dilakukan secara perseorangan, dan ada juga yang dilaksanakan  secara berkelompok. Namun demikian intinya sama,yakni  bagaimana wakil rakyat menjemput aspirasi konstituennya, terkhusus di daerah pemilihan masing-masing.

“Apapun aspirasi dan masukan yang disampaikan dalam reses, tentu menjadi bahan masukan bagi kami untuk ditindaklanjuti dan dibahas bersama pemerintah daerah melalui SKPD terkait,” kata Sri Wanah, yang juga selaku Anggota Komisi I DPRD Kota Dumai.

Ia mengatakan,anggota DPRD memiliki tiga fungsi  yakni fungsi legislasi yang berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah,  serta fungsi anggaran  dan pengawasan. Sedangkan tugas dan wewenang DPRD meliputi membentuk Peraturan Daerah (Perda), membahas dan memberikan persetujuan terhadab rancangan peraturan daerah (ranperda), termasuk persetujuan  mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), serta melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Perpat Jaya Umumnya Kecamatan Medang Kampai,atas kepercayaan yang diberikan pada Pileg 2019.

“Atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan itu, maka saya diamanahkan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata politisi Nasdem ini.

Menurutnya,kegiatan reses yang dilaksanakan anggota dewan ini menjadi  salah satu pintu masuk bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai usulan pembangunan kepada wakilnya di DPRD untuk disampaikan kepada pemerintah daerah.

“Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan kegiatan reses yang dilaksanakan oleh anggota dewan ke daerah pemilihannya masing-masing,”tukasnya.

Tidak sampai di situ Sri Wanah mengatakan, reses merupakan salah satu pintu masuk, atas usulan masyarakat.

Menurutnya, guna memulai perencanaan anggaran, kran-kran aspirasi dari masyarakat harus dibuka seluas-luasnya, seperti musyawarah rencana pembangunan (Musrembang). Sama halnya dengan reses, yang notabene pintu masuk perencanaan anggaran pemerintah daerah.(GN)

 

Artikel Terkait