Lockdown Negeri Jiran,Lagi 67 WNI Tiba di Pelabuhan Dumai

GoodNEWS82.com || Dumai – Gelombang pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia masih terus berlanjut. Hari ini, terdapat 67 orang TKI dipulangkan lewat pelabuhan domestik Bandar Sri Junjungan (BSJ) Kota Dumai, Sabtu (28/3/2020) mereka tiba sekira pukul 17.00 WIB.

“Data yang kita terima hari ini ada sebanyak 67 warga negara Indonesia (WNI) dipulangkan dari Malaysia,” kata Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira di pelabuhan BSJ Dumai.

Mereka ini sebelumnya lebih dulu transit di Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau.

“Sebelum ke Dumai, dari Malaysia mereka terlebih dahulu transit di Tanjung Balai Karimun lalu menuju Dumai menggunakan kapal Ferry Dumai Line dan Batam Jet,” tambah Kapolres.

Untuk mencegah masuknya virus Corona atau COVID-19, kesehatan mereka sudah diperiksa terlebih dahulu oleh KKP di Tanjung Balai Karimun.

“Dari hasil pemeriksaan tim medis, mereka semua dalam kondisi sehat dan belum terindikasi suspect corona,” tambahnya.

Kapolres menegaskan, protokol kesehatan dijalankan mulai dari pengecekan kesehatan hingga penyemprotan cairan disinfectant.

Meskipun sudah memegang kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC) dari KKP Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau para WNI asal Malaysia setibanya di Dumai tetap disemprot menggunakan cairan disinfectant yang disiram menggunakan Automatic Antiseptic Chamber agar mereka semuanya steril dari COVID-19.

“Sebelum pulang ke daerah asal, kami mengedukasi mereka dan mensosialisasikan bahaya Corona kepada para WNI asal Malaysia yang baru tiba. Kami minta mereka melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” terang Kapolres.

“Dan untuk mengantarkan mereka kembali ke kampung halaman, Pemerintah sudah menyiapkan bus komersil, setiap daerah tujuan disediakan satu unit bus,” pungkasnya.

Data yang berhasil di himpun, TKI asal Malaysia yang tiba di pelabuhan Dumai hari ini sebanyak 67 orang.

Dengan rincian sebagai berikut, Aceh 1, Sumbar 6, Rupat 18, Dumai 8, Tenggayun 1, Sumut 30, Tembilahan 1, Jambi 1, Pekanbaru 1 orang.

Diperkirakan gelombang pemulangan TKI masih akan berlangsung pada besok sore.(gn/HRC)

Artikel Terkait