61 WNI dari Malaysia Tiba di Pelabuhan Domestik Kota Dumai

GoodNEWS82. com || DUMAI – Akibat Lockdown ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) di Malaysia terpaksa kembali ke kampung halaman Indonesia.

Sebanyak 61 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia hari ini tiba di pelabuhan domestik Bandar Sri Junjungan (BSJ) Kota Dumai.

Sebelu ke Dumai, puluhan Para TKI dari Malaysia transit di Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau. Dari pelabuhan Tanjung balai, puluhan TKI diberangkatkan menggunakan kapal Ferry Dumai Line dan Batam Jet menuju pelabuhan domestik BSJ Kota Dumai. Mereka tiba di Dumai sekira Pukul 15.25 WIB.

Untuk mencegah masuknya virus Corona atau COVID-19, protokol kesehatan dijalankan mulai dari pengecekan kesehatan TKI oleh tenaga medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) lalu pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan cairan desinfektan.

Setelah lolos pemeriksaan kesehatan, para TKI diberi kartu kuning, kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC) dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Pendataan para WNI asal Malaysia sudah dilakukan sejak mereka membeli tiket di pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Petugas langsung mengklasterkan para TKI untuk mengetahui tujuannya.

Tercatat sebanyak 61 TKI yang turun ke Dumai hanya 1 orang warga Dumai, lainnya warga Sumatera Utara 18 orang, Sumbar 2 orang, Rohil 16 orang, Jambi 15 orang, Kampar 5 orang, Pulau Rupat 4 orang.

Alhamdulillah kepulangam WNI dari Malaysia berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk mencegah masuknya virus Corona atau COVID-19 ke Indonesia dan Dumai khususnya.

“Meskipun sudah memegang kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC) dari KKP Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau para WNI asal Malaysia setibanya di Dumai tetap disemprot menggunakan cairan desinfektan.” Kata Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira di Pelabuhan Domestik BSJ, Jumat (27/3/2020).

Cairan desinfektan disiram menggunakan Automatic Antiseptic Chamber. Setiap WNI asal Malaysia yang tiba di pelabuhan domestik BSJ wajib melalui Automatic Antiseptic Chamber untuk mensterilkan dari COVID-19 mencegah masuknya virus Corona di Indonesia dan Dumai khususnya.

Setelah disemprot desinfektan WNI asal Malaysia diberi pengarahan lalu di data sesuai daerah tujuannya masing-masing.

Untuk mengantarkan mereka kembali ke kampung halaman, kata Kapolres, Pemerintah sudah menyiapkan bus komersil. Setiap daerah tujuan disediakan satu unit bus.

Kepada sopir bus juga kita ingatkan agar tidak menurunkan penumpang di sembarang tempat, tetapi harus diturunkan di terminal resmi yang telah ditunjuk tujuannya agar Pemerintah mudah mengawasinya. Pungkasnya. (Gn)

Artikel Terkait